PERKEMBANGAN PEMBUATAN PERANGKAT LUNAK
Dari perkembangan perangkat lunak, kita bisa membayangkan
bagaimana perkembangan interaksi manusia dengan perangkat lunak. Bentuk
paling primitif dari perangkat lunak, menggunakan aljabar Boolean, yang di
representasikan sebagai binary digit (bit), yaitu 1 (benar / on) atau 0 (salah
/ off), cari ini sudah pasti sangat menyulitkan, sehingga orang mulai
mengelompokkan bit tersebut menjadi nible (4 bit), byte (8 bit), word (2 byte),
double word (32 bit). Kelompok-kelompok bit ini di susun ke dalam struktur
instruksi seperti penyimpanan, transfer, operasi aritmatika, operasi logika,
dan bentuk bit ini di ubah menjadi kode-kode yang di kenal sebagai assembler. Kode-kode
mesin sendiri masih cukup menyulitkan karena tuntutan untuk dapat menghapal
kode tersebut dan format (aturan) penulisannya yang cukup membingungkan, dari
masalah ini kemudian lahir bahasa pemrograman tingkat tinggi yang seperti
bahasa manusia (bahasa Inggris). Saat ini pembuatan perangkat lunak sudah
menjadi suatu proses produksi yang sangat kompleks, dengan urutan proses yang
panjang dengan melibatkan puluhan bahkan ratusan orang dalam pembuatannya.
Gb 2 Siklus Perangkat Lunak
EVOLUSI PERANGKAT LUNAK
Era Pioner
Bentuk perangkat lunak pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke
antar bagian dalam komputer, gambar berikut memperlihatkan orang yang sedang
menggunakan komputer. Cara lain dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched
card yaitu kartu yang di lubangi. Penggunaan komputer saat itu masih
dilakukan secara langsung, sebuah program untuk sebuah mesin untuk tujuan
tertentu. Pada era ini, perangkat lunak merupakan satu kesatuan dengan
perangkat kerasnya. Penggunaan komputer dilakukan secara langsung dan hasil
yang selesai di kerjakan komputer berupa print out. Proses yang di
lakukan di dalam komputer berupa baris instruksi yang secara berurutan di
proses.
Era Stabil
Pada era stabil penggunaan komputer sudah banyak di gunakan, tidak hanya
oleh kalangan peneliti dan akademi saja, tetapi
juga oleh kalangan industri / perusahaan. Perusahaan perangkat lunak
bermunculan, dan sebuah perangkat lunak dapat menjalankan beberapa fungsi, dari
ini perangkat lunak mulai bergeser menjadi sebuah produk. Baris-baris perintah
perangkat lunak yang di jalankan oleh komputer bukan lagi satu-satu, tapi sudah
seperti banyak proses yang di lakukan secara serempak (multi tasking).
Sebuah perangkat lunak mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user)
secara cepat/langsung (real time). Pada era ini mulai di kenal sistem
basis data, yang memisahkan antara program (pemroses) dengan data (yang di
proses).
Era pioner
• Proses batch
• Distribusi terbatas
• Pembuatan khusus
Era stabil
• Multi user
• Real - time
• Database
• Produk perangkat lunak
Era mikro
• Sistem tersebar
• Penanaman Kecerdasan
• Perangkat Lunak Murah
Era Modern
• Sistem desktop
• Teknologi objek
• Sistem pakar
• Pemrosesan pararell
• Jaringan komputer
1950 1960 1970 1980 1990 2000
Era Mikro
Sejalan dengan semakin luasnya PC dan jaringan komputer di era ini,
perangkat lunak juga berkembang untuk memenuhi kebutuhan perorangan. Perangkat
lunak dapat di bedakan menjadi perangkat lunak sistem yang bertugas menangani
internal dan perangkat lunak aplikasi yang digunakan secara langsung oleh
penggunannya untuk keperluan tertentu. Automatisasi yang ada didalam perangkat
lunak mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan.
Era Modern
Saat ini perangkat lunak sudah terdapat di mana-mana, tidak hanya pada
sebuah superkomputer dengan 25 prosesornya, sebuah komputer genggampun telah di
lengkapi dengan perangkat lunak yang dapat di sinkronkan dengan PC. Tidak hanya
komputer, bahkan peralatan seperti telepon, TV, hingga ke mesin cuci, AC dan
microwave, telah di tanamkan perangkat lunak untuk mengatur operasi peralatan
itu. Dan yang hebatnya lagi adalah setiap peralatan itu akan mengarah pada
suatu saat kelak akan dapat saling terhubung. Pembuatan sebuah perangkat lunak
bukan lagi pekerjaan segelentir orang, tetapi telah menjadi pekerjaan banyak
orang, dengan beberapa tahapan proses yang melibatkan berbagai disiplin ilmu
dalam perancangannya. Tingkat kecerdasan yang di tunjukkan oleh perangkat lunak
pun semakin meningkat, selain permasalahan teknis, perangkat lunak sekarang
mulai bisa mengenal suara dan gambar.
KLASIFIKASI PERANGKAT LUNAK
Perangkat lunak secara umum dapat di bagi 2 yaitu perangkat lunak sistem
dan perangkat lunak
aplikasi. Perangkat lunak sistem dapat di bagi lagi menjadi 3 macam yaitu :
1. Bahasa pemrograman : merupakan perangkat lunak yang bertugas
mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang di rancang manusia ke dalam
format yang dapat di jalankan komputer, contoh bahasa pemrograman di antaranya
: BASIC, COBOL, Pascal, C++, FORTRAN 2. Sistem Operasi : saat komputer
pertama kali di hidupkan, sistem operasilah yang pertama kali di jalankan,
sistem operasi yang mengatur seluruh proses, menterjemahkan masukan, mengatur
proses internal, memanejemen penggunaan memori dan memberikan keluaran ke
peralatan yang bersesuaian, contoh sistem operasi : DOS, Unix, Windows 95, IMB
OS/2, Apple’s System 7 3. Utility : sistem operasi merupakan perangkat
lunak sistem dengan fungsi tertentu, misalnya pemeriksaan perangkat keras (hardware
troubleshooting), memeriksa disket yang rusak (bukan rusak fisik), mengatur
ulang isi harddisk (partisi, defrag), contoh Utilty adalah Norton
Utility Perangkat lunak aplikasi merupakan bagian perangkat lunak yang
sangat banyak di jumpai dan terus berkembang. Sebelum
tahun 1990-an aplikasi yang di kenal yaitu pemroses kata (Word Star, Chi
Write), pemroses tabel (Lotus 123, Quatro Pro), database (DBASE), dan hiburan
(game). Pada perkembangan pemroses kata, tabel dan database saat ini telah di
bundel menjadi aplikasi office dengan tambahan aplikasi untuk pembuatan
presentasi yang nanti akan di berikan pada pelatihan ini. Contoh aplikasi office
adalah Microsoft Office yang terdiri dari Word(pemroses kata), Excel
(pemroses tabel), Access (database), dan PowerPoint (presentasi). Yang berkembang
sangat banyak saat ini adalah aplikasi multimedia dan internet. Contoh aplikasi
multimedia adalah Winamp untuk memutar musik berformat MP3 atau CD Audio,
kemudian RealPlayer yang dapat digunakan untuk menonton film atau VCD. Aplikasi
internet yang umum di gunakan adalah untuk browsing, e-mail, chatting dan
messenger. Aplikasi yang bersifat khusus di antaranya untuk membantu pekerjaan
Engineer seperti AutoCAD (gambar struktur), Protel (gambar rangkaian
elektronik), dan Matlab (pemroses dan visualisasi persamaan matematis).
SISTEM OPERASI
Sistem operasi sangat berkaitan dengan prosesor yang di gunakan. Jenis
prosesor pada PC yang umum adalah yang kompatibel dengan produk awal IBM dan
Macintosh. PC Macintosh, perangkat lunaknya di kembangkan oleh perusahaan yang
sama sehingga perkembangannya tidak sepesat cloning IBM PC. Sistem
operasi dari cloning IBM saat ini secara umum terbagi menjadi 2 aliran
yaitu komersil yang di buat oleh Microsoft dan yang bersifat freeware yang
di kembangkan oleh peneliti dari seluruh dunia karena bersifat open source,
yaitu bahan baku pembuatan dapat di baca, sehingga hasilnya dapat di tambah
atau di modifikasi oleh setiap orang.
0 comments:
Post a Comment